4 Tips Untuk Pemula guna Terjun di Dunia PC Gaming

PC (Personal Computer) sebetulnya bukanlah platform game, tetapi seiring dengan pertumbuhan jaman, PC menjadi sebuah di antara “platform” game yang diminati. Banyak game-game hebat tergolong game PS4 yang bermunculan dari PC, game engine sekelas CryEngine-pun diciptakan menggunakan PC. Hadirnya mod yang menciptakan game-game lebih menarik saat dimainkan di PC tak ayal menciptakan para gamer memilih PC sebagai platform gaming mereka. Akan namun dibalik seluruh itu, tidak sedikit pun gamer yang berpikir bahwa PC Gaming tersebut mahal. Hal ini di patahkan di tulisan gamebrott sebelumnya bahwa anda tidak butuh menjadi kaya raya guna terjun ke dunia PC Gaming. Pembahasan anda kali ini bakal sedikit bertolak belakang dari tulisan sebelumnya, kali ini anda akan membicarakan 4 tips untuk kamu semua “newbie” yang hendak terjun ke dunia PC Gaming.

1. Cari Tahu Apa yang Kamu Butuhkan

girl-thinking

Mungkin tidak sedikit dari kalian yang telah mempunyai desktop PC untuk sebatas browsing, menyaksikan YouTube, mengirim e-mail, menggarap tugas, atau sebagainya. Tapi, tahukah anda bahwa di dalam PC terdapat sekian banyak komponen dalam CPU yang anda butuhkan supaya PC milikmu bisa kamu pakai untuk bermain game? Mulai dari Processor, RAM, VGA, dan HDD. Cari tahu spesifikasi PC terendah apa yang anda butuhkan guna bermain suatu game dengan browsing spesifikasi PC terendah yang diperlukan untuk bermain game yang anda sukai di internet. Dengan begitu anda akan tahu, spesifikasi PC mu sekarang lumayan atau tidak.

Contoh, kamu hendak bermain GTA V dan contohnya spesifikasi terendah yang diperlukan GTA V ialah core i5 / AMD FX, RAM 8GB, VGA 1 GB, dan HDD 60GB, setelah anda pelajari komponen PCmu sendiri ternyata anda mempunyai PC cocok spesifikasi tersebut, tetapi tidak dengan VGA-mu yang masih terlalu rendah. Dari sini anda tahu apa yang anda butuhkan, anda harus melakukan pembelian VGA baru guna meng-upgrade PC-mu supaya bisa memainkan GTA V. Ini pun dapat membuatmu tidak banyak berhemat.

2. Riset dan Pelajari Hardware PC di Internet
gaming-pc-hero-489897a0

Hal terpenting yang mesti anda lakukan berikutnya ialah melakukan penelitian hardware PC yang bagus di Internet. Mungkin ini ialah sesuatu yang paling menjengkelkan buatmu, terlebih untuk kamu yang masih awam di dunia PC Gaming. Kamu bisa memulainya dari processor yang terbagi atas 2 merk AMD dan Intel, bagaimana spesifikasi dari dua-duanya baik dari tipe dan kecepatan processor, berapa core yang dimiliki, bagaimana faedah dari tiap komponen yang terdapat dalam processor, bagaimana perbedaan tiap komponen, sampai tipe socket apa yang dipunyai processor. Kamu pun dapat mengerjakan hal yang serupa di komponen selanjutnya laksana RAM, VGA, HDD, Power Supply, dan beda sebagainya.

 

Memang paling menjengkelkan andai kamu mesti menilik dan mempelajari ratusan jenis processor dan komponen lainnya. Namun percayalah, ketika anda sudah memahami sebagian besar dari tipe komponen-komponen tersebut, anda akan lebih arif dalam memilih komponen mana yang mesti anda beli guna merakit PC baru atau meng-upgrade PC lamamu tanpa mesti membuang tidak sedikit uang sia-sia. Saya pun merasakan urusan tersebut ketika kesatukali terjun ke dunia PC Gaming, barangkali saya masih belum dapat dikatakan sempurna guna hal ini seperti berpengalaman IT pada umumnya, tapi minimal saya tahu betul komponen PC apa saja yang saya butuhkan.

 

 

3. Sesuaikan dengan Apa yang dibutuhkan

Poin ke-3 ini nyaris sama dengan poin ke-2, anda harus menyesuaikan komponen PC mu dengan apa yang anda butuhkan. Misalnya, kamu hendak merakit PC guna bermain game sekelas Battlefield 3, dengan setting grafik high dan resolusi 1080 pixel, maka anda harus sesuaikan spesifikasi PC mu dengan urusan itu. Akan paling sia-sia andai kamu merakit PC mu dengan spesifikasi “monster” laksana Intel Core i7 4.0Ghz, RAM 16 GB, GTX 780 4GB GDDR 5, dan HDD 2TB namun melulu kamu pakai untuk bermain game laksana League of Legends atau DotA 2 yang notabene melulu membutuhkan spesifikasi PC yang tidak begitu tinggi.

Berbeda lagi ceritanya andai kamu merakit PC mu guna bermain game resolusi tinggi atau merakit PCmu tidak sebatas untuk bermain game saja. Misalnya kamu hendak mengedit video, menciptakan animasi 3D, atau rendering VFX (Visual Effect) sekelas VFX di film Transformers di After Effect. Maka spesifikasi “monster” yang saya sebutkan di atas wajib anda miliki. Sesuaikan dengan apa yang anda butuhkan, tidak boleh membuang percuma uangmu melulu untuk urusan yang tidak anda butuhkan.

4. Menabung
bjb-teller
fokus menabung, bukan termotivasi guna nyamperin teller nya
Kalian telah tahu apa yang saya maksud, tidak tidak banyak uang yang mesti anda persiapkan untuk melakukan pembelian atau meng-upgrade PC. Salah satu cara supaya kamu mempunyai tidak sedikit uang ialah menabung, terlebih untuk kamu yang masih sekolah. Mungkin sejumlah dari kalian memandang teknik ini ialah cara yang paling menjengkelkan dan kuno, namun percayalah, anda akan menemukan kepuasan tersendiri ketika anda menabung dan dapat mendapatkan jumlah duit yang lumayan untuk melakukan pembelian atau meng-upgrade PCmu.

Selain dapat membeli atau meng-upgrade PC, menabung pun dapat menghantarkanmu supaya bisa melakukan pembelian game original. Oke, saya tidak munafik disini, memang kamu dapat memainkan game bajakan di PC secara gratis. Tapi, apakah anda tidak kecil hati jika pengembang game kesukaanmu bangkrut dan tidak memproduksi game kesukaanmu dampak pembajakan? Salah satu cara supaya hal tersebut tidak terjadi ialah dengan melakukan pembelian game produksi mereka.

Membeli game original tidak mesti mahal, kamu dapat membeli game PC original dengan diskon besar-besaran di steam summer sale dan sejumlah diskon yang diserahkan oleh Origin (EA), uPlay (Ubisoft), dan seller game original lokal terpercaya. Beberapa event diskon yang perlu anda catat salah satunya ialah steam summer sale, christmas sale, dan winter sale. Dengan melakukan pembelian game original, maka secara tidak langsung anda menghargai kerja keras pengembang dan mendukung pengembang tersebut bertahan hidup supaya tetap dapat membuat game-game kesukaanmu selanjutnya. Bukankah adalahsebuah prestasi tersendiri bagimu andai kamu dapat merakit / upgrade PC dan melakukan pembelian game original-mu dengan jerih payahmu sendiri?

 

Oke, hingga disinilah ulasan kita kali ini. Semua urusan yang saya tulis disini ialah tips dan saran untuk kamu yang masih baru hendak terjun di dunia PC Gaming. Saya tidak bermaksud menyalahkanmu andai kamu punya spesifikasi “monster” tapi melulu kamu pakai untuk bermain game sekelas DotA 2, semua berpulang pada keputusanmu, sebab uang yang anda gunakan ialah uangmu sendiri. Inti dari ulasan kita kali ini merupakan, belajar guna menghemat pengeluaranmu se paling tidak mungkin dengan melakukan pembelian spesifikasi PC yang anda butuhkan guna bermain game.

Jangan pernah lupa guna mempelajari masing-masing komponen PC Rakitan yang ada, supaya dapat memudahkanmu guna merakit dan meng-upgrade PC-mu secara arif kedepannya. Dan tidak jarang kali ingat guna merakit PC supaya sesuai dengan apa yang anda butuhkan demi kebaikanmu sendiri.

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]