Bawaan Santapan Khas Jakarta

Kalian bisa jadi telah tak asing lagi dengan santapan khas Jakarta. Terdapat nasi tumpeng jakarta, soto betawi, laksa, ataupun minuman penghangat tubuh ialah bir pletok. Nah, jika bawaan khas Jakarta apa betul? Tidak butuh takut, selanjutnya merupakan saran bawaan santapan khas Jakarta yang dapat abadi hingga berhari- hari serta tak gampang bau.

1. Kue Bunga Goyang

Memiliki komposisi renyah serta biasanya terasa manis, bunga ayun merupakan santapan sangat biasa yang dapat dibeli dari Jakarta selaku bawaan. Walaupun berawal dari Betawi, tetapi umumnya pula banyak dijual serta dijadikan bawaan khas Bekasi. Dikenal kue bunga ayun sebab memanglah wujudnya yang semacam bunga ataupun bunga.

Umumnya orang Betawi hendak menyuguhkan kue di dalam toples ketika Idulfitri. Tetapi bersamaan bertumbuhnya era, kue bunga ayun dapat dibeli serta dinikmati pada hari lazim.

2. Roti Buaya

Kalian tentu telah tak asing lagi dengan roti buaya. Roti ini harus terdapat dalam adat- istiadat perkawinan adat Betawi sebab menandakan ketaatan. Sebabnya tak lain sebab buaya ketika hidupnya cuma sekali berbaur. Nah, umumnya roti buaya hendak terbuat dalam dimensi besar, dibungkus menawan, serta diberi pita dikala dijadikan hantaran.

Tidak butuh menunggu momen perkawinan, dikala ini telah banyak gerai kue sampai kedai kopi yang menjual roti ini. Dengan invoasi roti buaya berbagai macam rasa, roti ini dapat dijadikan bawaan.

3. Kue Semprong

Semacam kue bunga ayun, kue semprong tadinya cuma dapat ditemui dikala Idulfitri saja. Awal mulanya, kue ini berupa semacam pipa saja. Tetapi saat ini pula terdapat yang semacam kipas, ataupun persegi jauh serta rupanya kecokelatan dengan ditaburi bulir wijen. Kue semprong mempunyai kombinasi rasa manis serta enak.

Jadi sesuai untuk bawaan khas santapan Jakarta untuk yang tak sangat senang makan manis. Terlebih teksturnya amat renyah, tak butuh upaya sangat keras untuk mengigitnya.

4. Jenang Betawi

Walaupun nyaris seluruh kota di Indonesia memiliki jenang, tetapi tak terdapat salahnya membeli jenang betawi untuk bawaan. Dengan cara komposisi memanglah tak jauh berlainan dengan jenang yang lain ialah lengket serta elastis. Rupanya pula cokelat mengarah gelap. Tetapi yang melainkan dari jenang yang lain cumalah pertanyaan rasa.

Bila di kota lain jenang memiliki beraneka ragam rasa, jenang betawi tidak berubah- ubah dengan ketan putih, ketan hitan, serta durian.

5. Kue Telur Gabus

Mau kasih bawaan santapan buat sang gemar ngemil? Coba pikirkan kue telur gabus yang populer lezat serta enak. Tekstunya tak keras serta ukurannya yang kecil membuat santapan satu ini sering dijadikan isi dalam box makanan kecil. Diberi julukan kue telur gabus bukan berarti terbuat dari ikan gabus betul. Tetapi sebab wujudnya semacam telur ikan gabus, hingga diberi julukan cocok wujudnya.

6. Kue Bulir Ketapang

Santapan khas Betawi memanglah kerap kali buat salah duga. Sehabis kue ikan gabus yang sering dikira dari ikan gabus, kue bulir ketapang pula kerap dikira dari tumbuhan ketapang yang sementara itu serupa sekali bukan. Wujudnya kecil dengan rasa manis enak, membuat santapan ini cocok amat sangat jadi kemilan nonton film. Bulir ketapang dijadikan julukan santapan ini sebab wujudnya yang bersama kecil dengan warna kuning kecokelatan.

7. Kue Geplak

Kue geplak ini memanglah telah tidak sering dapat ditemui. Tetapi jika kalian menyimpang ke sebagian pasar konvensional di Jakarta, kue ini sedang banyak yang menjual. Juga umumnya kue geplak dijadikan hantaran dalam perkawinan adat Betawi serta selaku sahabat kue buaya. Geplak khas Betawi dibuat dari beras, gula merah, gula pasir, serta materi lain alhasil menciptakan rasa manis serta teksturnya sedikit renyah. Bila ditaruh di temperatur ruang, kue geplak dapat bertahan hingga 10 hari!

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]