Jenis Pakaian Pelindung Diri Pekerja (APD) dan Fungsinya

distributor baju safety di jakarta ~ Pakaian keselamatan kerja yang mesti di gunakan oleh pekerja di lapangan cocok dengan ketentuan di lingkungan perusahaan untuk mengayomi tubuh dari potensi bahaya sekitar bekerja. Alat pelindung diri (APD) Wearpack di kenal pun dengan sebutan cover all atau katelpack, pakaian ini di desain untuk mengayomi diri pekerja yang sedang di lingkungan luar atau lapangan. Wearpack atau coverall terdapat bermacam-macam bahan dan warna, dan di cocok kan dengan ketentuan dan keperluan pekerjaan. Di samping sebagai perangkat pelindung diri pekerja, faedah lain dari wearpack pun memberikan identitas nama suatu perusahaan, kedudukan dimana lokasi pekerja tercatat bila terdapat tidak sedikit kontraktor atau juga vendor. Pada wearpack pun ada nama pekerja, emblem keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Lambang keselamatan dan kesehatan kerja ialah bidang yang berhubungan dengan Keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan insan yang bekerja di suatu perusahaan maupun tempat proyek.

-Fungsi Wearpack

Di samping sebagai pakaian pelindung keselamatan tubuh pekerja, wearpack pun mempunyai faedah lain yaitu;

• Berdasarkan warna juga dapat memberikan informasi identitas jabatan pemakainya, laksana warna putih kebanyakan digunakan untuk jabatan Supervisor atau level manajemen. Atau memisahkan setiap instansi yang berada pada satu lokasi kerja yang sama

• Warna wearpack juga dapat memberikan informasi jenis kegiatan pekerja yang memakainya, misal warna merah departemen Safety atau divisi HSE, warna coklat guna divisi mekanik.

• Bisa menyerahkan perlindungan pekerja nya dari suhu panas, cuaca dingin, tempat kerja berdebu atau melakukan kegiatan berbahaya laksana potensi bahaya dari zat-zat kimia.

• Wearpack dibikin dengan kualitas yang baik, dengan ketebalan yang standard, dari bahan yang tidak mudah sobek, bahkan terdapat bahan dengan kualitas terbaik yang tahan api.

• Wearpack pun di lengkapi dengan reflektor scothlight, bahan kain yang berwarna silver dengan lebar 2 inchi, dapat memantulkan cahaya cocok dengan standard ANSI 500, dengan situasi rendah cahaya atau ketika bekerja pada malam hari.

-Jenis Wearpack

Berikut sejumlah bahan yang tidak jarang di pergunakan untuk menciptakan pakaian seragam kerja wearpack;

1. Bahan Standard

Untuk pemilihan pakaian keselamatan pekerja ini, mesti mempertimbangkan kualitas bahan yang dipergunakan, supaya mampu secara maksimal mengayomi tubuh pemakainya dari potensi bahaya yang terdapat di tempat kerja.

2. Bahan Khusus

Untuk wearpack jenis ini dibikin dari bahan eksklusif yang dapat menahan api dengan kadar panas tertentu. Kebanyakan di pergunakan oleh pekerja yang berada di tempat pengeboran lepas pantai atau pekerja di tempat offshore, tambang batu bara dan kegiatan yang berhadapan langsung dengan panas, seperti mengerjakan pengelasan. Wearpack dengan kualitas terbaik ini ialah Nomex IIIA Flame Retardant, yang dibikin memang untuk mengayomi tubuh pekerja dari situasi panas. Bahan nomex IIIA ini ada 3 (tiga ) macam bahan yaitu;

• Nomex,
• Serat Aramid
• Serat Asbes

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]