Langkah Mengerjakan Qiran

  • Share

6 langkah menunaikan haji qiran adalah menunaikan haji dan umrah dalam satu niat dan satu tugas pada saat yang bersamaan. Cara haji Qiran wajib membayar bendungan. Menunaikan ibadah haji Qiran ini bisa menjadi pilihan, terutama bagi jamaah yang karena suatu hal tidak bisa lagi melanjutkan ibadah haji Tamattu atau Ifrad, termasuk jamaah sakit yang waktunya sangat terbatas.

Pelaksanaan adalah Miqot untuk menunaikan Haji Qiran bagi jamaah haji kelompok pertama berada di Zul Hulaifah (Bir Ali) Madinah, sedangkan untuk jamaah haji kelompok kedua di Bandara King Abdul Azis Jeddah. Anda bisa menggunakan jasa tour di aksara umrah.

Urutan kegiatan haji qiran adalah sebagai berikut: bersuci, mandi berwudhu. Mengenakan Ihrom Sunnat Ihrom Niat haji dan umrah sekaligus adalah mengucapkan: Artinya: Saya salut dengan panggilan-Mu ya Allah untuk haji dan umrah atau Artinya: Saya niat menunaikan haji dan umrah dengan Ihram karena Allah Ta’ala berangkat ke Mekkah dengan memperbanyak bacaan Talbiyah, Doa dan Doa.

Di Mekkah, masuk kota Mekkah, sholat, masuk Masjidil Haram, sholat, melihat Ka’bah, sholat, thawaf qudum 7 kali. Setelah tawaf diperbolehkan melakukan sa’i tetapi tidak dengan memotong/mencukur rambut. Setelah Tawaf, tunggu keberangkatan ke Arafah dalam keadaan masih Ihrom. Tanggal 8 Zulhiyyah berangkat ke Arafah.

Di Arafah Menunggu wukuf mengingatkan agung membaca Al Quran pada 9 Dzulhijjah wukuf di Arafah Mendengarkan khutbah sebelum sholat Dzuhur dan sholat Ashar berjamaah. Dalam wukuf, perbanyak dzikir, bertasbih, membaca Al-Qur’an dan berdoa. Jamaah salat magrib dan isya’ taqdim. Pergi ke Muzdalifah dengan membaca Talbiyah.

Di Muzdalifah Mabit di Muzdalifah sampai tengah malam. Mencari kerikil untuk melempar total 7, 49 atau 70 butir. Berangkat ke Mina setelah tengah malam. Di Mina, pada tanggal 10 Zulhijjah melakukan Aqobah Jumrah sebanyak 7 kali.

Potong/cukur rambut Tahallul lebih awal. Pemotongan bendungan pada tanggal 11 Zulhijjah meninggal di Mina dan melempar Ula, Wustho dan Aqobah Jumroh masing-masing 7 lemparan. Pada tanggal 12, Zulhijjah meninggal di Mina dan masing-masing melemparkan 7 lemparan ke Ula, Wustho dan Aqobah.

Bagi yang Nafar Awal setelah melempar Jumroh, Mina berangkat sebelum matahari terbenam. Pada tanggal 13, Zulhijjah meninggal di Mina dan masing-masing melemparkan 7 lemparan ke Ula, Wustho dan Aqobah. Bagi yang meninggalkan Nafar Tsani setelah melempar Jumroh Mina. Kembali ke Mekkah

Di Mekkah melaksanakan Ifadha dan Sa’i Tawaf. Bagi yang sudah Sa’i saat Qudum Tawaf, tidak perlu Sa’i lagi. Tahallul tsani Potong bendungan untuk mereka yang tidak. Lakukan tawaf wada’ pada orang-orang yang akan meninggalkan Makkah. Berangkat ke tanah air untuk jemaah haji kelompok pertama dan ke Madinah untuk jemaah haji kelompok kedua. Anda bisa menggunakan jasa tour di aksara umroh.

Serta menggunakan paket Haji Plus yang tentunya pemberangkatan lebih cepat dan beserta kelebihan lainnya.

  • Share
Exit mobile version