Memahami Jenis, Volume Dan Kapasitas Muatan Truk

Online Logistics Marketplace~Truk adalah kendaraan yang tidak jarang di manfaatkan guna membawa barang, dari mulai yang ringan sampai barang berat. Pemanfaatan truk sebagai transportasi untuk kebutuhan logistik atau mengantarkan barang paling berguna untuk para pelaku usaha. Banyak pelaku usaha atau perusahaan yang memanfaatkan kendaraan truk ini dari sekian banyak jenis dan ukuran. Untuk Anda yang bakal memanfaatkan transportasi jenis truk ini, terdapat baiknya Anda memahami informasi seputar jenis, volume, dan kapasitas setiap truk. Sehingga truk yang kita pilih akan cocok dengan keperluan Anda sehingga kegiatan pun bakal lebih efisien. Lantas, apa saja jenis truk, volume-nya dan sejumlah apa kapasitas yang dapat ditampung? Artikel inilah menyajikan informasi yang menyeluruh untuk Anda.

Jenis Truk, Volume, dan Kapasitasnya.

Truk Pickup

Jenis truk ini ialah yang sangat di jumpai dan digemari di Indonesia. Truk pick up ialah truk yang mempunyai rangka terpisah dan bak terbuka. Truk pick up yang paling disukai ada tiga jenis diantaranya pick up L300 bak, pick up box, dan pick up reefer. Pick up L300 tidak jarang dimanfaatkan untuk membawa barang-barang acak. Masing-masing dari ketiganya juga mempunyai volume dan kapasitas yang bertolak belakang pula. Pickup L300 bak mempunyai volume dengan panjang: 230 cm, lebar: 140 cm, dan tinggi: 30 cm. Maksimal beban yang dapat diangkut pickup jenis ini ialah 1 ton dengan dimensi volume 6 CBM. Pickup Box dan pick up reefer mempunyai panjang 230 cm, lebar: 140 cm, dan tinggi: 124 cm. Maksimal barang yang dapat diangkut pun sama yakni 1 ton tetapi dengan dimensi volume yang relatif kecil, yakni 4 CBM.

 

Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Truk colt diesel engkel masih masuk dalam kelompok truk kecil atau ringan. Meskipun secara body dan muatan, yang biasa dinamakan dengan truk engkel ini masih lebih banyak daripada truk jenis pick up. Truk engkel mempunyai dua sumbu dengan jumlah roda melulu 4 buah yakni 2 di depan dan dua di belakang. Truk jenis CDE ini mempunyai empat model truk, yaitu CDE box, CDE bak, CDE reefer, dan CDE los bak. Bagi volume dari keempat model tersebut nyaris sama yakni 9 – 11 CBM dengan rincian panjang 300 cm, lebar 160 cm, dan tinggi 160 cm. Kapasitas yang dapat diangkut oleh truk CDE ini rata-rata selama 1,5 – 2,5 ton. Truk CDE tidak jarang dipilih sebab keamanannya untuk membawa barang dari penyalur untuk destinasi supermarket, atau pabrik pabrik dan gudang.

 

Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk colt diesel double tidak sedikit dikenal dengan nama truk canter. Sungguh truk ini terdapat 2 dengan jumlah roda total terdapat 6, 2 di depan dan 4 dibelakang. Ini biasa dipakai untuk membawa hasil kebun atau hasil tambang dan juga diutamakan untuk jalur yang mempunyai medan berat. Truk CDD rata-rata mempunyai dimensi 11 – 43 CBM dengan kapasitas muatan 2,5 – 14 ton. Ada sejumlah jenis truk CDD antara beda CDD box, CDD bak, CDD los bak, CDD long box, CDD bak long, CDD box reefer, dan CDD bak air galon. Masing-masing dari jenis truk CDD ini mempunyai ukuran volume dan kapasitas yang beragam.

 

Truk Fuso

Truk fuso mempunyai dua jenis yakni fuso bak dan fuso box. Jenis truk ini mempunyai dimensi volume 25 CBM dengan panjang 700 cm lebar 250 cm dan tinggi 260 cm. Bagi kapasitas muatan maksimal yaitu sampai 10 ton.

 

Truk Tronton

Truk tronton menjadi truk tumpuan yang tidak sedikit digunakan untuk pengiriman dan jasa ekspedisi barang sebab harganya juga yang relatif terjangkau. Jenis truk tronton ini terdapat empat yakni tronton box, tronton bak, tronton car carrier, dan tronton reefer.Dimensi volume guna ke empat jenis truk tronton ini yakni sebesar 30 CBM. Kapasitas muatan yang dapat ditampung oleh truk tronton ini yakni antara 10 hingga dengan 20 ton.

 

Truk Wingbox

Truk Wings box memiliki keunggulan yaitu seluruh sisinya tergolong sisi kanan, kiri, dan belakang dapat dimulai sehingga mempermudah dalam bongkar muatan barang. Dimensi volume truk wingbox ini sebesar 65 CBM dengan kapasitas muatan sampai 20 ton.

 

Truk Trailer

Truk trailer ini didesain sebagai kendaraan kargo untuk pengiriman alat maupun kendaraan berat. Ada sejumlah jenis truk trailer ini yang setiap mempunyai dimensi sampai 64 CBM. Fasilitas muatan maksimal yang dapat dibawa yakni 20 sampai 32 ton.

 

Container

Container adalahuntuk menyimpan barang berukuran besar dan bukanlah suatu armada. Dimensi volume dari kontainer ini yakni sekitar 33 – 64 CBM dengan kapasitas maksimal muatan sampai 30 ton.

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]