PENGERTIAN FILM DOKUMENTER DAN JENIS-JENISNYA

Terdapat tidak sedikit genre dan jenis film yang ada. Beberapa macam genre film ilk21 yang sangat populer antara lain yakni action, horor, comedy atau drama. Film dengan genre itu yang sangat sering diproduksi dan tayang di bioskop. Selain tersebut juga terdapat genre genre film beda yang tidak kalah. Salah satunya ialah film dokumenter. Pengertian film dokumenter (documentary movie) ialah film yang mendokumentasikan suatu fakta dan fakta. Dalam film dokumenter tidak ada kisah fiktif yang dibuat-buat guna mendramatisir adegan sepanjang film. Artinya, film dokumenter dipakai untuk merepresentasikan fakta dan memperlihatkan kembali kenyataan yang terdapat dalam kehidupan yang diciptakan lebih terstruktur dalam durasi film. Istilah film dokumenter kesatu kali dipakai dalam suatu film Moana pada tahun 1926 lalu, tepatnya pada tanggal 8 Februari 1926. Resensi film itu diluncurkan oleh Robert Flaherty. Istilah dokumenter pun sempat dipakai untuk mencerminkan semua film non-fiksi. Hal ini berarti seluruh film yang menceritakan kenyataan dan fakta termasuk dalam jenis film dokumenter ini.

Film dokumenter pun adalahrekaman kejadian yang dipungut langsung ketika kejadian nyata sedang berlangsung. Dalam film dokumenter, bagian hiburan memang tidak terlampau ditonjolkan. Hal yang menjadi poin urgen tentunya ialah pesan eksklusif dari tema film dokumenter tersebut. Meski begitu dalam sejumlah film dokumenter pun menampilkan bagian entertain yang cukup. Film dokumenter kerap dipakai sebagai media kritik sosial dengan memotret urusan hal kelam dalam negara seperti foto kehidupan masyarakat kurang mampu atau kesenjangan sosial yang terjadi dalam sebuah negara. Selain tersebut film dokumenter juga dipakai untuk menciptakan film biografi sebuah tokoh. Para artis, musisi dan biduan dunia yang populer pun sering menciptakan film dokumenter dengan video arsip hasil konser dan show serta kehidupan keseharian mereka. Berikut jenis-jenis film dokumenter beserta jenisnya.

1. Biografi

Berisi potret, biografi dan profil perjalanan hidup sebuah tokoh familiar dunia, dapat berupa presiden, menteri, pengusaha, artis, musisi, dan lain-lain.
Contoh :

  • Mandela
  • Salvador Dali
  • This Is It Michael Jackson

2. Sejarah

Berisi rekaman kejadian dan peristiwa bersejarah yang terjadi di masa lalu, dapat berupa perang, perjanjian, kehidupan masa kemudian dan lain-lain.
Contoh :

  • Triumph of the Will Olympia I
  • Mutiara dari Timur

3. Traveling

Berisi footage laporan perjalanan menyeluruh ke lokasi wisata atau lokasi tempat tertentu dapat dalam bidang antropologi atau bidang hiburan saja.
Contoh :

  • Nanook of the North
  • Song of Ceylon

4. Ilmu Pengetahuan

Berisi film dokumenter tentang edukasi dan education yang menyerahkan informasi dapat dari bidang sains, teknologi, kebiasaan dan lain-lain.
Contoh :

  • Discovery Channel
  • National Geographic

5. Investigasi

Berisi rekaman investigasi dan penyelidikan secara jurnalistik suatu permasalahan atau peristiwa yang sedang dibicarakan dengan tujuan memahami lebih dalam.
Contoh :

  • The Thin Blue
  • The Act of Killing

 

Itulah tidak banyak informasi tentang pengertian film dokumenter dan jenis-jenisnya. Film dokumenter memang adalahfilm yang mengandung rekaman dari kejadian nyata tanpa adanya unsur rekaan sehingga film jenis ini mencerminkan kejadian yang nyata. Semoga info tersebut berfungsi dan dapat menjadi referensi.

 

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]