Rata-rata Gaji Pegawai di Indonesia Hanya Rp 2,79 Juta

Dear semua pegawai, tahun ini telah naik gaji belum? Ya sabar-sabar saja bila belum naik gaji. Memang sih, walau Upah Minimum Provinsi (UMP) nyaris saban tahun naik, faktanya terdapat saja pekerja yang tidak “kecipratan.” Gaji enggak naik, namun kerjaan nambah. Yang terdapat cuma dapat ngelus dada. Beginilah nasib buruh, pekerja, pegawai atau karyawan. Disyukuri saja sebab masih tidak sedikit orang yang nganggur. Kepingin terdapat di posisi kamu.

Mau tahu berapa sih jumlah pekerja, pengangguran, dan gaji pegawai di Indonesia dari nilai terendah hingga tertinggi. Simak pembahasan Cermati.com sebagai berikut dari data Badan Pusat Statistik (BPS) periode 2019. Kamu tahu enggak? Basis angkatan kerja di Indonesia sejumlah 136,18 juta orang. Terdiri dari jumlah warga yang bekerja 129,36 juta dan 6,82 juta pengangguran. Jika dibedah lebih dalam, dari 129,36 juta pekerja, kabarnya sebagai berikut:

  • Mayoritas berstatus sebagai buruh/karyawan/pegawai. Jumlahnya 39,13% atau 50,62 juta orang
  • Sebanyak 19,17% atau 24,8 juta orang memilih berwirausaha
  • Sedangkan freelance atau pekerja lepas terdapat 5,89 juta orang atau 4,55%.
  • Dari profesinya, terbanyak 29,46% atau 38,11 juta orang bekerja di sektor pertanian
  • Di sektor perniagaan sebanyak 18,92% atau 24,47 juta pekerja
  • Paling tidak banyak jumlah warga yang bekerja di sektor pengadaan listrik dan gas, melulu sebanyak 310 ribu orang
  • Sementara pada jasa finansial dan asuransi, laksana perusahaan fintech, jumlah pekerjanya sejumlah 1,79 juta orang atau 1,38%.

Meski UMP dan UMR telah ketok palu, BPS pun merilis susunan gaji buruh/karyawan/pegawai per bulannya. Data ini melulu rata-rata gaji ya. Biasanya kan perusahaan mempunyai standar gaji atau take home pay untuk semua pegawai. Jika menurut data:

Rata-rata gaji pegawai secara nasional pada Februari 2019 sebesar Rp2,79 juta per bulan
Pegawai laki-laki menerima gaji rata-rata Rp3,05 juta, sedangkan wanita Rp2,33 juta per bulan
Rata-rata gaji pegawai alumni universitas sebesar Rp4,34 juta, sementara pegawai alumni SD ke bawah sebesar Rp1,73 juta rupiah.

Nah kita bahas sedikit tentang pinjaman online cepat cair ,Tiga tahun terakhir Indonesia di kejutkan dengan adanya aplikasi/layanan pinjaman Uang  Online Cepat cair Anda hanya perlu menggunakan slip gaji dan proses cair nya pun lumayan cepat dibandingkan dengan megunakan layanan non online.

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]