Sejarah Film

Film dibuat pada tahun 1805 oleh Lumiere Brothers. Selanjutnya pada tahun 1899, George Melies mengawali memperlihatkan film dengan gaya editing yang judulnya “Trip To The Moon”. Pada tahun 1902, Edwin Peter memproduksi film yang judulnya “Life Of In American Fireman” Di negara Indonesia, film pernah berjaya pada selama era 70-an sampai 80-an atau lebih tepatnya sebelum masuknya Broadcast-Broadcast TV tahun 1988 (RCTI). Masyarakat paling menerima dalam menanggapi film yang terdapat di Indonesia. Hal ini sehubungan dengan kualitas dari juraganfilm itu yang bisa memenuhi keperluan priskologi dan spiritual masyarakat Indonesia.

 

Di Indonesia, bioskop hadir pertam kali di Batavia (Jakarta), lebih tepatnya di Tanah Abang Kebon Jahe, pada tanggal 5 Desember 1900. Namun, kehadiran bioskop ini tidak dapat disebutkan sebagai tonggak mula sejarah film Indonesia. Karena film ketika tersebut masih impor dari luar negeri. Film cerita tadinya yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di Bandung pada tahun 1926. Film tersebut berjudul “Loetoeng Kasaroeng”, film ini dapat disebut sebagai acuan tonggak sejarah perfilman Indonesia. Kesuksesan buatan film itu tidak terlepas dari terlibatnya bupati Bandung Wiranatakusumah V.

 

Fungsi Film

Seringkali film ditontoh guna menjadi hiburan. Tetapi faedah sebenarnya dalam film antara lain faedah informatif, edukatif, dan pun persuasif. Film nasional kegunaannya sebagai media edukatif guna sebagai pembinaan generasi muda dalam rangka nation and character building.

 

Jenis-Jenis Film

 

Film Cerita

Film kisah (story film) adalahjenis film yang didalamnya terkandung kisah yang telah umum dipertontonkan di gedung bioskop dengan aktor atau aktris familiar dan didistribusikan sebagai barang dagangan. Cerita yang ditonjolkan menjadi topik film bisa berbentuk kisah fiktif atau didasarkan cerita nyata yang dimodifikasi, sehingga memiliki unsur menarik, lebih baik jalan certianya atupun segi artistiknya.

 

Film Berita

Film berita (newsreel) adalahjenis film tentang kenyataan atau kejadian yang benar-benar terjadi. Karena sifatnya berita maka film ini disajdikan untuk umum mesti berisi nilai berita. Kriterian berita itu yaitu urgen dan menarik.

 

Film Dokumenter

Robert Flaherty, Film dokumenter yakni karya ciptaan tentang fakta (creative treatment of actuality) tidak sama dengan film berita yang adalahrekaman kenyataan, maka film dokumenter yaitu hasil interpretasi individu (pembuatnya tentang fakta tersebut).

 

Film Kartun

Film kartun (cartoon film) diproduksi guna anak-anak. Tokoh film kartun yang paling terkenal ialah donald bebek (donald duck), Putri Salju (Snow White), Miki Tikus (Mickey Mouse) yang diciptakan oleh seniman Amerita Serikat Walt Disney.

 

Leave a Comment

[elementor-template id="13543"] [elementor-template id="13402"]